Posted by : Unknown Tuesday, June 18, 2013




JAKARTA - Setelah melalui voting, rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senin (17/6) malam, akhirnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2013 disetujui. Konsekuensinya, harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi segera naik.
Meski sebenarnya kenaikan harga sudah bisa diterapkan pemerintah satu jam pasca palu DPR digedok, tapi disinyalkan bensin baru akan berubah harga sekitar 2 hari lagi. Seperti diketahui, Premium akan menjadi Rp 6.500/liter (l), sedangkan solar Rp 5.500/l dari semula Rp 4.500/l. Antrean di Stasiun Pengusuan Bahan Bakar Umum (SPBU) pun mulai tampak di beberapa daerah Selasa (18/6) pagi ini.
"Kami harapkan cepat agar anggaran kompensasi bisa langsung terserap. Dalam hitungan harilah," kata Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar, Senin malam.
Pagi ini  nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) dibuka melemah di posisi Rp 9.945 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan kemarin di Rp 9.925 per dolar AS.
Namun, Indeks harga Saham Gabungan (IHSG)  menguat 47,412 poin (0,95%) ke level 4.821,916. Indeks LQ45 menanjak 10,020 poin (1,26%) ke level 802,726.
Dia berharap, kenaikan harga BBMbersubsidi bisa dilakukan dalam waktu tiga hari setelah Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2013 disahkan. Artinya, sekitar Kamis (20/6) harga Premium Cs di SPBU sudah disesuaikan.
Pasca parlemen menyetujui APBN Perubahan 2013, pemerintah menyiapkan Daftar Isian Pagu Anggaran (DIPA) untuk program-program kompensasi kenaikan harga BBM. Dia berharap DIPA tersebut diselesaikan oleh kementerian terkait dalam dua hari ke depan. "Itungan hari bisa ada langkah yang langsung dikaitkan dengan kenaikkan harga BBM," katanya.
Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Armida Alisjahbana memastikan persiapan DIPA tidak akan membutuhkan waktu lama. "Hanya beberapa hari karena kami juga membantu kementerian terkait untuk menyiapkannya. Saat ini semua TOR dan RAP sudah siap," kata Armida.
Terpisah, anggota komisi VII Satya W Yudha sebenarnya berharap Senin malam harga BBM subsidi langsung naik. "Jangan nunggu hari, harusnya satu jam setelah sekarang mereka harus mengumumkan. Karena kita sudah merespons usulan pemerintah dalam APBN-P," katanya.
Satya beralasan kebijakan ini sudah terlanjur didengar oleh publik. Harga-harga lainnya diprediksi juga bersiap untuk naik mengekor rencana kenaikan harga BBM.
"Menunda kenaikan itu akan mengakibatkan ekspektasi inflasi. Itu karena kebijakan yang belum tentu dijalankan. Makanya setiap kebijakan publik harus segera ditetapkan supaya tidak ada spekulasi harga,"jelasnya.
Sementara, terkait alasan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) untuk memproses pencairan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (Balsem), menurut Satya bisa dilakukan sambil berjalan.
Prediksi Satya ada benarnya, hanya sekitar satu jam setelah DPR menyetujui APBN-P  2013 yang diajukan oleh pemerintah dalam sidang paripurna, ratusan kendaraan mulai memadati sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Jember. Pantauan, sejak pukul 23.30 tadi malam, ratusan kendaraan bermotor mulai berdatangan dan antre di beberapa SPBU di kawasan kota Jember.
Selain motor, kebanyakan yang antre adalah mobil pribadi, taksi dan mobil angkutan barang. "Ya mumpung belum dinaikkan, sekarang diisi penuh dulu," ujar Saifullah, seorang pengemudi taksi ditemui di SPBU Jalan Achmad Yani Jember.
Dia tidak sendirian, bersama delapan sopir taksi lainnya nampak mengisi penuh tangki bensin mobil mereka. Mereka mengaku yakin, tak lama lagi pemerintah akan mengumumkan tarif baru Bahan Bakar Minyak (BBM). "Kan sudah jelas di berita tivi (televisi), DPR-nya sudah setuju, besok pasti naik dah,"kata Irawan, sopir taksi lainnya.
Ratusan pengendara motor juga memadati SPBU di kawasan kota seperti di SPBU Kaliwates, SPBU Gebang dan SPBU Kertosari. Kebanyakan adalah anak-anak muda pegiat komunitas beragam merk motor. Mereka juga mengaku sengaja mengisi penuh tangki bensin karena masih berlaku tarif lama (Rp 4.500/l). "Karena besok pagi, meskipun belum dinaikkan, pasti antreannya panjang,"kata Agus, seorang anggota komunitas motor Yamaha Matic.
Angkutan Maksimal Naik 20%
Terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Soeroyo Alimoeso membatasi kenaikan tarif angkutan umum hanya 10%-20% dari tarif saat ini. "Kenaikan harga BBM sudah pasti berdampak terhadap kenaikan tarif angkutan umum. Tetapi kenaikan tarifnya itu tidak boleh lebih dari 10%-20%," katanya, di sela-sela rapat koordinasi persiapan arus mudik Lebaran 2013, di Karawang, Senin (17/6) malam.
Menurutnya, kenaikan tarif angkutan umum yang dipicu naiknya harga BBM semestinya hingga 39% persen. Tetapi, hal itu tidak bisa diberlakukan, karena kondisi daya beli masyarakat.
Ia menilai kenaikan harga BBM harus dilakukan pemerintah, sebab subsidi BBM memberatkan APBN 2013. Selain itu, kerap salah sasaran karena dinikmati pemilik kendaraan-kendaraan yang tak berhak."Kenaikan bahan bakar ini akan terjadi, karena lebih banyak untuk kepentingan mobil pribadi. Hanya 7% subsidi itu dinikmati angkutan umum, yang lainnya untuk mobil pribadi," katanya.
Puluhan Ditahan, Hacker Beraksi
Pasca demo penolakan kenaikan harga BBm subsidi, puluhan orang ditahan kepolisian. Polda Metro Jaya saja saja mengamankan 88 orang."Telah diamankan 88 orang pasca pembubaran demo di depan gedung DPR," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombespol Rikwanto.
88 orang tersebut terdiri dari 7 orang perempuan dan 61 laki-laki. Sebanyak 76 orang merupakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta dan 9 orang merupakan pelajar SMK. "3 orang telah kita pulangkan karena masih di bawah umur, siswa SMP," kata Rikwanto.
Meski demo di jalan bisa dikatkan selesai, perlawanan masih dilakukan  para peretas dunia maya. Adalah situs Kementerian Pertanian, KPUD Jakarta, situs partai PAN yang menjadi sasaran peretas yang menamakan dirinya xcrotz feat Om-jin. Adapun, link situs yang diretas adalah: http://perencanaan.setjen.deptan.go.id/ , http://birokp.setjen.deptan.go.id/, http://www.kpud-jakartapusatkota.go.id/, bakaderdpppan.com/, http://umum-humas.setjen.deptan.go.id/ dan http://pusdatin.setjen.deptan.go.id/.
Begitu situs tersebut dibuka, maka yang tampil adalah gambar demo sejumlah buruh yang menolak kenaikan harga BBM, dan di bawahnya dengan huruf besar warna merah, tertulis: " Menolak Kenaikan Harga BBM. Touch By xcrotz feat Om-jin. Ini cara kami pak!! Untuk Demo!! Bukan seperti mahasiswa /activis yang pola pikir tidak jernih merusak fasilitas negara dan warga jadi korban!!! Woy mahasiswa lu itu calon cerminan masyarakat apa!! Preman!!!"
Peretasan itu pertama diketahui dari informasi di akun twitter Anonymous Indonesia @AnonNewsIndo pukul 06:05 WIB. Hingga berita ini diturunkan, situs tersebut masih terkena hack.ins,tmp

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Arsip Blog

Blogger templates

Labels

- Copyright © Education School Indonesia ( E.S.I ) -UNGGAH.FILE.INDONESIA- Powered by Blogger - Designed by Aditya -